Tulisan ini akan mengulas beberapa pertanyaan yang muncul dalam hubungannya dengan Iman Islam, mungkin tidak tuntas dan detail dengan ayat-ayat dan hadits, namun kami akan mencoba menguraikan dengan bahasa yang sederhana sesuai dengan prinsip-prinsip Iman Islam :

 

TABUNGAN INVESTASI DI PT. AJ Central Asia Raya (CAR), HARAM ATAU HALAL ?

Uang yang Anda setorkan di CAR dikelola dalam bentuk Reksadana.

Apa itu reksadana :

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Agar dibedakan pengertian menanam modal dengan membungakan uang :

  • Menanam modal di reksadana artinya uang kita diputar di peRusahaan-perusahaan besar yang sesuai syariah, bukan perusahaan yang tidak halal seperti rokok dan minuman keras, tapi diperusahaan yang bisnisnya membawa kemaslahatan bagi umat. Keuntungan yang kita terima sesuai dengan besarnya perkembangan uang kita, kadang besar kadang kecil sesuai dinamika bisnis dengan sistem bagi hasil, bisa naik bisa turun seperti kalau kita berdagang sendiri.
  • Membungakan uang ada akad/perjanjian dengan pihak bank dengan hasil sekian persen (%) setahun. Jadi setiap bulan kita akan terima sekian persen secara flat sesuai akad.

 

Apakah 3i-Networks dari CAR ITU RIBA?

Sebuah produk perbankan/keuangan bisa di katakan syariah jika terbebas dari 3 point :

1. RIBA 

Artinya MENETAPKAN BUNGA DI AWAL, misal kita menabung 100 juta dan akan diberikan 110 juta setahun kemudian. Maka yg 10 juta nya itu adalah RIBA.

3i-Networks dari CAR tidak MENJANJIKAN BUNGA sekian persen setahun di awal mitra bergabung, mitra akan diberikan bagi hasil yang besarnya sesuai dengan keuntungan yang diperoleh. Untuk memberikan gambaran hasil, dibuat ilustrasi dengan bagi hasil rendah (6%), sedang (14%) dan tinggi (20%).

2. GHARAR

Artinya PENYEMBUNYIAN FAKTA, misal ada transaksi jual beli rumah. Rumah tersebut kelihatan sangat bagus karena baru direnovasi. Penjual rumah tidak menginformasikan ke pembeli kalau kayu-kayu di atas plafon sudah banyak yang keropos, yang penting pembeli senang karena rumah kelihatan baru dan bagus. Maka dalam Islam hal seperti itu HARAM.

SEMENTARA 3i-Networks dari CAR  kita dengan bisa melihat dengan jelas dan terbuka semua jenis usaha dari SALIM GROUP bahkan omset perusahaan pun bisa diakses publik dan semua bisa melihat. Disamping itu juga DIAWASI oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Semua transparan.

3. MAISIR

Artinya PERJUDIAN, Anda sudah paham arti perjudian kan ya?

3i-Networks dari CAR sama sekali TIDAK ada unsur perjudian, baik dalam usaha Salim Grup ataupun komponen di dalam 3i-Networks itu sendiri.

JADI….. Produk tabungan investasi 3i-Networks dari CAR ini HALAL dan cocok utk semua kalangan

 

PERBEDAAN BUNGA & INVESTASI

Perbedaan TABUNGAN biasa dan TABUNGAN INVESTASI.

TABUNGAN BIASA

Biasanya dikelola oleh Lembaga Keuangan Bank (LKB) dan Anda pasti akan mendapatkan BUNGA, missal 8% . LKB akan menyalurkan dana Anda dalam bentuk Kredit kepada perseorangan ataupun perusahaan yang memerlukan bantuan pendanaan dimana Bank juga minta sejumlah BUNGA, missal 12%, kepada nasabah. Di Agama Islam BUNGA ini haram hukumnya.

Karena apa?

Karena kita tidak mau peduli apakah Bank Untung atau Rugi, kita Harus dapat bunga 8% setahun, seperti yg dijanjikan Bank. Demikian juga Bank akan tetap menagih bunga sebesar 12% kepada peminjam, baik peminjam untung atau rugi. Ini RIBA namanya.

TABUNGAN INVESTASI

Tabungan Investasi biasanya dikelola oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). LKBB akan menggunakan uang kita sebagai penyertaan langsung dalam suatu perusahaan/bisnis, misalnya untuk perdagangan atau jual beli, pendanaan proyek-proyek, permodalan pabrik-pabrik untuk memproduksi barang-barang dll. Tentunya dipilih perusahaan/bisnis yang sehat dan prospektif.

 

Tabungan Investasi Anda di PT. AJ. CAR dikelola oleh Manager Investasi sebAgai penyertaan di perusahaan Salim Group.

Perusahaan Salim Grup al :

Bogasari, Indofood, Unilever, Yakult, Indomaret, Indocement, KFC, dll. Dimana produknya banyak yang kita konsumsi/beli setiap harinya.

Bagi hasil yang diberikan berkisar antara 14% sd 20% setahun tergantung dari besarnya keuntungan yang diperoleh.

Itu artinya kita sudah ikut andil mengembangkan dana kita melalui program 3i-Networks.

Jadi dana investasi yang terus berputar dan berkembang, karena hasil produknya didistribusikan ke masyarakat, dan dikonsumsi masyarakat, jadi kita sama saja berniaga/berdagang, dan ini halal bagi umat Islam.

Didalam Hukum Islam itu Dibolehkan Bahkan Dianjurkan : “Berdaganglah Kamu, Karena Berdagang itu 80%nya adalah Sumber Kekayaan/Rejeki mu”

Sekarang Jelas perbedaannya bukan?

Ditulis oleh :

IBRAHIM

ID : 10614

HP : 0821-1232-3728 ; 0896-2668-5237

HALAL atau HARAM
Tagged on:                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *