PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA

(PHK)

korban phkPemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi hal buruk yang terjadi pada setiap pegawai. Hal ini juga dirasakan oleh Vera yang merupakan seorang karyawati di salah satu perusahaan swasta. Dirinya adalah salah satu dari 200 orang yang terkena PHK di perusahaannya pada Agustus silam.

Awalnya, wanita 30 tahun ini merasa ‘aman’ karena tidak termasuk ke dalam daftar nama orang yang di-PHK lantaran baru 3 tahun bekerja di sana. Daftar tersebut berisikan 100 nama karyawan yang dikeluarkan dan tidak ada namanya tercantum di sana. Namun selang beberapa bulan setelahnya, dirinya terkejut dan tidak menyangka bahwa terjadi kembali pengurangan pegawai seluruhnya hingga dirinya juga harus ikut di-PHK karena perusahaannya tidak sanggup lagi membayar gaji pegawai.

Dunia seakan runtuh baginya, terlebih karena suaminya baru 2 bulan lalu juga telah di PHK dari pekerjaannya dan sampai saat ini belum mendapat pekerjaan lagi.

Mungkin anda mengira bahwa tulisan diatas itu sekedar rekaan belaka. Tapi, jika anda mengikuti perkembangan dunia bisnis akhir-akhir ini, anda akan menemukan bahwa hal semacam itu sungguh-sungguh terjadi didunia nyata.

Korbannya sudah sangat banyak, mulai dari orang nomor satu di bank terkemuka, pemimpin perusahaan farmasi tercanggih, hingga raksasa minuman berbahan dasar kopi yang aroma ketenarannya sampai kesini, dan yang paling banyak adalah pekerja level menengah bawah. Bahasa orang HRD boleh mengatakannya dengan halus, seperti pensiun dini atau golden shake hand. Tetapi, dalam bahasa kita, itu tidak beda dengan tiga huruf mengerikan bernama P. Dan H. Dan K. Sounds familiar, right? Yes, that PHK.

Anda tentu masih ingat kisah tragis legendaris yang menimpa kapal pesiar Titanic yang tenggelam pada tanggal 14 April 1912. Peristiwa itu diperkirakan menelan 1,500 korban jiwa. Para ahli mempercayai bahwa faktor utama yang menyebabkan banyaknya jumlah korban jiwa bukanlah semata-mata tenggelamnya kapal tersebut, melainkan kurangnya jumlah sekoci yang ada dikapal itu dibandingkan dengan jumlah penumpang yang ada. Mereka begitu yakin bahwa Titanic tidak bisa tenggelam. Jadi, mengapa harus menyediakan sekoci? Konon, ketika perisiwa itu terjadi, sesungguhnya masih banyak waktu untuk melakukan penyelamatan. Namun, karena jumlah sekoci penyelamat hanya sedikit, hanya sebagian kecil saja yang bisa diselamatkan.

Dalam kehidupan kerja pun kita sering berpikir seperti itu. Kita begitu yakin bahwa kapal yang kita gunakan untuk mengarungi samudera dunia kerja ini tidak akan tenggelam. Sehingga kita tidak merasa penting untuk memiliki sekoci. Tetapi, berapa banyak sudah perusahaan yang gulung tikar dan kemudian tenggelam seperti halnya Titanic? Jika kita boleh berkata apa adanya, sesungguhnya dunia kerja kita lebih beresiko daripada Titanic. Apa yang terjadi pada Titanic adalah musibah bagi semua penumpang. Semua orang menghadapi masalah yang sama. Sebab orang baik tidak ditendang keluar dari kapal. Tetapi, dalam sebuah perusahaan, sudah sering terjadi seorang karyawan ditendang keluar dari bahtera perusahaan semudah itu. Seperti peristiwa yang menimpa Vera diatas itu.

PHK adalah resiko kita sehari-hari. Kita tidak perlu terlampau percaya diri dengan mengatakan bahwa hal itu tidak akan pernah terjadi pada kita. Atau sebaliknya terlalu takut jika mengalaminya. Sebab, selama kita ‘mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kemungkinan itu,’ maka yakinlah bahwa masa depan kita akan baik-baik saja. Paling tidak, kita tidak terlampau syok, jika itu benar-benar terjadi. Dan yang lebih penting dari itu adalah memulai mempersiapkan ‘sekoci’ itu dari saat ini. Sekoci yang selalu siap digunakan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya.

car

Anda tidak perlu khawatir ataupun kebingungan bagaimana caranya mempersiapkan “sekoci” tersebut.

PT. AJ. Central Asia Raya (Member of Salim Grup) dengan pengalaman puluhan tahun di industri keuangan, telah mempersiapkan sebuah program yang unik dan sederhana sehingga ditengah kesibukan pekerjaan Anda, Anda masih bisa mempersiapkan ‘sekoci’ tersebut sehingga bila kapal pekerjaan Anda karam, Anda akan terselamatkan.

logo 3i carnetworksProgram tersebut adalah 3i-Networks, sebuah program kecil sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya Anda bisa pelajari presentasi dibawah ini, atau Anda bisa pelajari dan baca halaman demi halaman yang ada di website ini.
BOP 3i-Networks